Sales / Marketing Executive : 085245876676 INFO Promo aWAL tAHUN 2021 : Granmax Pu Dp 12jtaan | Xenia Dp 20Jtaan | Luxio Dp 30 Jtaan | Ayla Dp 17Jtaan | Sigra Dp 17Jtaan
Menu
Model
Beranda » Tips dan trik » 5 Penyebab Rem Mobil Berbunyi Ketika Digunakan yang Penting Diketahui

5 Penyebab Rem Mobil Berbunyi Ketika Digunakan yang Penting Diketahui

Dipublish pada 3 Maret 2020 | Dilihat sebanyak 146 kali | Kategori: Tips dan trik

Penyebab rem mobil berbunyi ketika digunakan – Kenyamanan berkendara sangat penting diperhatikan. Kenyamanan tersebut tidak hanya didapatkan dari kabin saja, namun mencakup berbagai macam aspek seperti AC, tempat, duduk, setir mobil, dan juga rem mobil. Anda harus memperhatikan rem ini karena memegang peranan yang berat terutama saat perjalanan yang jauh dimana digunakan untuk menahan laju mobil supaya berhenti. Untuk pengereman yang mendadak dibutuhkan rem yang berfungsi secara maksimal.
Sayangnya jika tidak dirawat rem tersebut tidak akan berfungsi secara maksimal dan bermasalah. Masalah yang sering terjadi adalah rem akan berbunyi dan hal tersebut mengganggu perjalanan Anda. Untuk mengatasinya harus dicari penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa penyebab rem mobil berbunyi ketika digunakan yang wajib untuk Anda ketahui:

1. Kanvas Rem Menipis atau Aus

Penyebab rem mobil berbunyi ketika digunakan yang pertama adalah kanvas rem menipis atau aus. Jika hal ini terjadi akan menyebabkan piringan cakram rem sering bergesekan dengan plat penjepit kanvas rem. Akibat gesekan tersebut akan menyebabkan  gesekan besi menjadi sering terdengar saat penginjakan rem. Khusus untuk kanvas rem ini memang perlu dilakukan pengecekan setidaknya satu tahun dalam sekali. Bahkan untuk mobil yang sering dipakai melalui jalur berat, macet, dan jalanan menurun harus dilakukan pemeriksaan lebih cepat dibandingkan dengan mobil yang melalui rute biasa.

2. Cakram dan Tromol yang Tidak Rata

Penyebab selanjutnya adalah kondisi cakram yang sudah tidak rata. Penyebabnya adalah kanvas rem dan tromol yang sering bergesekan secara berulang kali sehingga permukaan menjadi kurang rata. Selain menimbulkan bunyi yang kurang mengenakkan, cakram dan tromol tersebut akan membuat mobil bergetar ketika pengeraman dilakukan.
Untuk penanganannya tergantung dengan kondisi cakram atau tromol mobil tersebut. Jika tidak terlalu parah bengkel akan melakukan perbaikan dengan membubut supaya permukaan cakram rata seperti semula. Namun jika kondisinya sudah parah bisa dengan mengganti cakram mobil dengan set yang baru.

3. Rem Kotor

Penyebab rem berbunyi ketika digunakan selanjutnya adalah rem tersebut kotor. Semakin sering mobil digunakan peluang untuk rem kotor semakin besar terutama saat hujan seperti saat ini. Jalanan basah membuat debu dan kotoran mengeras kemudian membentuk lapisan tipis yang mana melekat pada permukaan kanvas rem dan permukaan cakram. Efeknya saat rem tersebut diinjak tidak akan bisa berfungsi dengan mulus bahkan akan bisa menyebabkan suara yang cukup berisik. Agar rem tidak berbunyi dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan cairan khusus pembersih rem. Untuk hasil maksimal ada baiknya jika Anda melakukannya di bengkel sehingga ketika ada masalah lainnya dengan rem tersebut bisa segera diperbaiki.

4. Sistem Rem Macet

Penyebab rem mobil berbunyi ketika digunakan selanjutnya adalah sistem rem yang macet. Sistem rem macet ini disebabkan oleh piston rem yang sudah mengalami kerusakan sehingga tidak bisa bergerak dengan baik. Hal itu menyebabkan saat rem dipijak kanvas tidak akan bisa melakukan penekanan dengan baik. Sistem rem yang macet juga akan menyebabkan mobil terasa berat karena piston tidak bisa kembali ke posisi semula.

5. Tetesan Oli

Oli yang menetes tidak hanya mengganggu dalam proses pengereman, namun juga bisa menimbulkan bunyi yang berdecit. Hal itu dikarenakan oli bisa membuat kanvas dan disc brake menjadi lebih licin ketika bergesekan. Untuk mengatasinya selalu rutin cek oli mobil supaya tidak bocor dan merembes kemana-mana.
Demikianlah beberapa penyebab rem mobil berbunyi ketika digunakan yang penting untuk diketahui, supaya hal tersebut tidak terjadi penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan rem secara berkala.

Bagikan informasi tentang 5 Penyebab Rem Mobil Berbunyi Ketika Digunakan yang Penting Diketahui kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Bagian Interior Mobil yang Harus Sering Dibersihkan di Tengah Covid-19

Dipublish pada 9 April 2020 | Dilihat sebanyak 430 kali | Kategori: Tips dan trik

Jika menggunakan mobil, bagian yang sesering mungkin harus dibersihkan adalah interior Astradaihatsucirebon.com  – Saat ini virus Corona (COVID-19) terus menyebar di seluruh Indonesia. Untuk itu pemerintah imbau untuk lakukan social distancing serta belajar, bekerja, dan ibadah di rumah saja. BACA... selengkapnya

Begini Cara Milih Ban Mobil Jangan Salah Pilih !

Dipublish pada 27 Maret 2020 | Dilihat sebanyak 217 kali | Kategori: Tips dan trik

Kalau nggak ada ban, pastinya mobil kesayangan nggak bisa melaju dong guys. Hehehe… nah, selain itu ban mobil juga berperan penting untuk mengecek penyebab kecelakaan lalu lintas lho! Namun, banyak juga nih ban menjadi permasalahan utama dari sebuah kecelakaan. Untuk... selengkapnya

Gambar Daihatsu New Ayla 1.2 X

Dipublish pada 31 Mei 2020 | Dilihat sebanyak 375 kali | Kategori: Galery

Baca Juga : – Harga Daihatsu Ayla – Harga Daihatsu Cirebon– Harga Daihatsu Majalengka– Harga Daihatsu Indramayu– Harga Daihatsu Kuningan selengkapnya